Kajian Faktor Nilai Strategis Lokasi Dalam Penempatan Reklame Di Kota Palu

Authors

  • Altim Setiawan Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tadulako

Keywords:

Reklame, Palu, PAD, Nilai, Strategis, Lokasi, Jalan, Guna Lahan

Abstract

Dalam Undang‐Undang No. 34 Tahun 2000, reklame merupakan objek pajak dan merupakan potensi PAD. Hal ini dapat dilihat dari perolehan restribusi dan pajak yang dihasilkan dari sektor reklame ini sangat tinggi dibanding dengan objek lainnya. Namun demikian hingga saat ini, Pemerintah Kota Palu belum menetapkan faktor dan kriteria nilai strategis lokasi pemasangan reklame. Oleh karena itu nilai strategis lokasi pemasangan reklame pada berbagai kawasan di Kota Palu belum dapat dihitung. Tujuan dari studi ini adalah mengidentifikasi tingkat kepentingan dari masing‐masing faktor dan kriteria nilai strategis lokasi sebagai salah satu dasar menghitung nilai sewa reklame dalam upaya meningkatkan PAD Kota Palu di sektor reklame. Penetapan kategorisasi prioritas atas faktor ini dilakukan dengan kajian literatur dan penyebaran kuesioner untuk mengetahui persepsi para akademisi, pemerintah dan penyelenggara dalam menentukan faktor nilai strategis lokasi dalam penempatan reklame. Hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa tingkat kepentingan masing‐masing faktor memperlihatkan bahwa klasifikasi jalan merupakan prioritas utama dalam tingkat kepentingan nilai strategis lokasi pemasangan reklame, urutan berikutnya adalah sudut pandang, ketinggian dan guna lahan

Additional Files

Published

2009-09-07

How to Cite

Setiawan, Altim. 2009. “Kajian Faktor Nilai Strategis Lokasi Dalam Penempatan Reklame Di Kota Palu”. RUANG : JURNAL ARSITEKTUR 1 (1 September):7-14. https://jurnalruang.arsitektur.fatek.untad.ac.id/index.php/JURNALRUANG/article/view/98.