IDENTIFIKASI KUALITAS VISUAL REKLAME DI KORIDOR KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA KOTA PALU
Keywords:
Reklame, Kualitas Visual, perdagangan dan JasaAbstract
Perkembangan kota yang begitu pesat akibat dari pengaruh kegiatan ekonomi dan fungsinya sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan jasa, tidak lepas dari adanya ruang yang diperuntukkan untuk mewadahi sarana informasi dan komunikasi masyarakat kota berupa reklame. Kehadiran ruang yang dimanfaatkan sebagai sarana reklame merupakan nilai tambah bagi suatu kota karena dengan adanya reklame maka akan dapat membentuk visual kota yang lebih baik sekaligus dapat menunjang keindahan kota. Keberadaan papan-papan reklame tanpa penataan yang konseptual merupakan bumerang bagi kualitas visual kota, cenderung menghalangi pandangan ke arah elemen-elemen kota yang menarik seperti arsitektur bangunan maupun unsur lanskap kota dan bahkan mengancam keselamatan penduduk kota. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi, tipologi dan jenis sebaran reklame dan mengkaji penataan reklame baik dari segi perletakan, desain dan peningkatan penggunaan media reklame di kawasan perdagangan dan jasa di Kota Palu. Perencanaan, penataan dan pengendalian diperlukan dalam memberikan acuan guna menentukan titik, jenis, isi/content, type reklame di kawasan perkotaan. Pengaruh visual yang ditimbulkan oleh reklame menjadi bagian estetika kota. Tanpa perencanaan pengaruh visual akan menimbulkan polusi visual dan cenderung ‘merusak visual”. Perancanaan dalam penempatan, dimensi, serta type sangat penting dilakukan guna menghindari dampak negative dari reklame. Bisa jadi penanda dalam bentuk reklame menjadi bagian dari estetika kota dan menjadi sumber pendapatan kota.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Ruang: Jurnal Arsitektur agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.