IDENTIFIKASI KUALITAS VISUAL REKLAME DI KORIDOR KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA KOTA PALU

Authors

  • Altim Setiawan Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako
  • Rizkhi Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako
  • Sutrati Melissa Malik Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako

Keywords:

Reklame, Kualitas Visual, perdagangan dan Jasa

Abstract

Perkembangan kota yang begitu pesat akibat dari pengaruh kegiatan ekonomi dan fungsinya sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan jasa, tidak lepas dari adanya ruang yang diperuntukkan untuk mewadahi sarana informasi dan komunikasi masyarakat kota berupa reklame. Kehadiran ruang yang dimanfaatkan sebagai sarana reklame merupakan nilai tambah bagi suatu kota karena dengan adanya reklame maka akan dapat membentuk visual kota yang lebih baik sekaligus dapat menunjang keindahan kota. Keberadaan papan-papan reklame tanpa penataan yang konseptual merupakan bumerang bagi kualitas visual kota, cenderung menghalangi pandangan ke arah elemen-elemen kota yang menarik seperti arsitektur bangunan maupun unsur lanskap kota dan bahkan mengancam keselamatan penduduk kota. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi, tipologi dan jenis sebaran reklame dan mengkaji penataan reklame baik dari segi perletakan, desain dan peningkatan penggunaan media reklame di kawasan perdagangan dan jasa di Kota Palu. Perencanaan, penataan dan pengendalian diperlukan dalam memberikan acuan guna menentukan titik, jenis, isi/content, type reklame di kawasan perkotaan. Pengaruh visual yang ditimbulkan oleh reklame menjadi bagian estetika kota. Tanpa perencanaan pengaruh visual akan menimbulkan polusi visual dan cenderung ‘merusak visual”. Perancanaan dalam penempatan, dimensi, serta type sangat penting dilakukan guna menghindari dampak negative dari reklame. Bisa jadi penanda dalam bentuk reklame menjadi bagian dari estetika kota dan menjadi sumber pendapatan kota.

Additional Files

Published

2022-03-01

How to Cite

Setiawan, Altim, Rizkhi, and Sutrati Melissa Malik. 2022. “IDENTIFIKASI KUALITAS VISUAL REKLAME DI KORIDOR KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA KOTA PALU”. RUANG : JURNAL ARSITEKTUR 16 (1 Maret):11-23. https://jurnalruang.arsitektur.fatek.untad.ac.id/index.php/JURNALRUANG/article/view/40.