Analisis Kualitas Pencahayaan Buatan pada Ruang Kelas dan Dampaknya terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Arsitektur Universitas Ichsan Sidenreng Rappang

Authors

  • I. Haq Departemen Arsitektur, Universitas Ichsan, Sidenreng Rappang
  • N. Kamaruddin Departemen Arsitektur, Universitas Ichsan, Sidenreng Rappang
  • H. Baharuddin Departemen Arsitektur, Universitas Ichsan, Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.22487/ruang.v18i1%20Maret.186

Abstract

Pencahayaan buatan dalam ruang kelas merupakan elemen krusial yang memengaruhi kenyamanan dan kinerja akademik mahasiswa. Kualitas pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan ketidaknyamanan visual, kelelahan, dan menurunnya konsentrasi, yang berpotensi menurunkan prestasi akademik. Studi terdahulu telah menunjukkan bahwa pencahayaan yang baik sangat penting untuk kenyamanan visual dan kinerja akademik. Namun, penelitian yang secara khusus menelaah dampak pencahayaan buatan pada mahasiswa Arsitektur masih terbatas, meskipun kebutuhan visual mereka berbeda karena aktivitas akademik yang melibatkan detail gambar dan desain. Selain itu, faktor geografis dan budaya lokal di Universitas Ichsan Sidenreng Rappang belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menganalisis kualitas pencahayaan buatan di ruang kelas Universitas Ichsan Sidenreng Rappang melalui pengukuran parameter seperti intensitas cahaya, distribusi cahaya, suhu warna, dan indeks rendering warna (CRI). Selain itu, penelitian ini akan menilai hubungan antara kualitas pencahayaan buatan dengan kinerja akademik mahasiswa Arsitektur berdasarkan data prestasi akademik seperti nilai ujian dan tugas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi praktis untuk perbaikan kualitas pencahayaan buatan di ruang kelas sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja akademik mahasiswa.

References

P. Barrett, F. Davies, Y. Zhang, and L. Barrett, “The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results ofaholistic, multi-level analysis,” Build. Environ., vol. 89, pp. 118–133, 2015, doi: 10.1016/j.buildenv.2015.02.013.

F. B. Anshori, D. Hendrawati, and B. N. A. Rahmasani, “Analisis Pencahayaan pada Kenyamanan Visual (studi Kasus: Perpustakaan Pusat, Universitas Islam Indonesia),” Semin. Karya Pameran Arsit. Indones., pp. 436–445, 2022.

Dewi Nastiti Ahda and Ade Syoufa, “Pengaruh Pencahayaan Buatan Pada Starbucks Jatiuwung Terhadap Kenyamanan Visual Pengunjung,” J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 13, no. 2, pp. 102–109, 2024, doi: 10.32315/jlbi.v13i2.364.

E. A. Himschoot et al., “Feelings of safety for visitors recreating outdoors at night in different artificial lighting conditions,” J. Environ. Psychol., vol. 97, no. June, p. 102374, 2024, doi: 10.1016/j.jenvp.2024.102374.

E. E. Richman, “Requirements for Lighting Levels,” pp. 1–2, 2007, [Online]. Available: https://www.wbdg.org/pdfs/usace_lightinglevels.pdf

A. Subagyo, “Kualitas Penerangan Yang Baik Sebagai Penunjang Proses Belajar Mengajar Di Kelas,” Orbith, vol. 13, no. 1, pp. 21–27, 2021.

Agrippina Fleta, “Analisis Pencahayaan Alami Dan Buatan Pada Ruang Kantor Terhadap Kenyamanan Visual Pengguna,” J. Patra, vol. Vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2021.

R. Wimalasekera, “Effect of light intensity on photosynthesis,” Photosynth. Product. Environ. Stress, vol. 7, no. Icssh 2018, pp. 65–73, 2019, doi: 10.1002/9781119501800.ch4.

M. L. Nolé Fajardo, J. L. Higuera-Trujillo, and C. Llinares, “Lighting, colour and geometry: Which has the greatest influence on students’ cognitive processes?,” Front. Archit. Res., vol. 12, no. 4, pp. 575–586, 2023, doi: 10.1016/j.foar.2023.02.003.

S. W. Cain et al., “Evening home lighting adversely impacts the circadian system and sleep,” Sci. Rep., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.1038/s41598-020-75622-4.

K. Choi and H.-J. Suk, “Dynamic lighting system for the learning environment: performance of elementary students,” Opt. Express, vol. 24, no. 10, p. A907, 2016, doi: 10.1364/oe.24.00a907.

Y. Liu, K. Chen, E. Ni, and Q. Deng, “Optimizing classroom modularity and combinations to enhance daylighting performance and outdoor platform through ANN acceleration in the post-epidemic era,” Heliyon, vol. 9, no. 11, p. e21598, 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e21598.

S. P. Álvarez, “Natural light influence on intellectual performance. A case study on university students,” Sustain., vol. 12, no. 10, 2020, doi: 10.3390/su12104167.

T. Ismail, A. Safyan, and Y. Novianti, “Evaluasi Performa Pencahayaan Alami Ruang Kelas ( Studi Kasus : Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah 6 Lhokseumawe ),” J. Ilm. Tek. Unida, vol. 4, no. 2, pp. 356–369, 2023.

A. S. Muktar, “EVALUASI PENATAAN LINGKUNGAN KELAS TUNAGRAHITA DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS ( STUDI KASUS : SLB NEGERI KARANGANYAR ),” 2024.

M. Y. Yusuf and W. Winarso, “Evaluasi Tingkat Kualitas Pencahayaan Pada Gedung Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” J. Ris. Rekayasa Elektro, vol. 4, no. 2, p. 51, 2023, doi: 10.30595/jrre.v4i2.12790.

Additional Files

Published

2024-03-04

How to Cite

I. Haq, N. Kamaruddin, and H. Baharuddin. 2024. “Analisis Kualitas Pencahayaan Buatan Pada Ruang Kelas Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Arsitektur Universitas Ichsan Sidenreng Rappang”. RUANG : JURNAL ARSITEKTUR 18 (1 Maret):44-55. https://doi.org/10.22487/ruang.v18i1 Maret.186.